Beberapa Hal Yang Membuat Penerbangan Ditunda


Beberapa Hal Yang Membuat Penerbangan Ditunda

Bagi anda yang sering menggunakan transportasi udara, tentu pernah mengalami penerbangan ditunda atau biasa dikenal dengan delay. Adanya penerbangan ditunda ini mengakibatkan terjadi penumpukan di Bandara. Tidak sedikit penumpang yang bertanya tanya mengenai alasan delay.

Berikut akan saya jelaskan beberapa hal yang membuat penerbangan ditunda.

1.    Security Check

Adanya security check yang mengekor atau panjang, dapat membuat penerbangan ditunda. Biasanya antrian tersebut terjadi di pintu masuk bandara dan area ruang tunggu. Selain itu bila ada beberapa penumpang yang harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, juga dapat membuat penerbangan akan ditunda beberapa menit.
Adanya penundaan penerbangan, sangat merugikan bagi orang penting yang harus bertemu dengan orang lain pada jam tertentu. Oleh sebab itu pihak bandara selalu menyarankan untuk datang 1,5 jam sebelum jadwal keberangkatan bagi penumpang yang akan melakukan perjalan  dengan domestik.
Kemudian anda disarankan untuk datang 3 jam sebelum keberangkatan untuk tujuan ke luar negeri. Selain untuk keberangkatan, anda disarankan untuk sudah berada di ruang tunggu 30 menit sebelum keberangkatan anda. Hal ini dilakukan agar penundaan penerbangan tidak akan terjadi.

2.    Cuaca Buruk

Cuaca buruk dapat menjadi sumber penerbangan ditunda. Biasanya penerbangan ditunda karena banjir, kabut, hujan lebat, angin kencang, asap dan badai. Tentunya anda tidak mau bila terjadi hal yang tidak diinginkan ketika penerbangan tetap dilakukan ketika cuaca sedang tidak bersahabat. Sehingga jalan satu satunya hanyalah penerbangan ditunda.
Bila sudah memasuki musim hujan, anda harus ambil jam penerbangan jauh jauh hari agar terhindar dari penerbangan ditunda karena cuaca buruk. Anda juga harus melakukan cek di prakiraan cuaca dan mengatur tanggal keberangkatan anda.

3.    Rusaknya Mesin

Penerbangan yang delay dapat terjadi karena rusaknya mesin pesawat. Petugas lapangan selalu melakukan pengecekan mesin sebelum pesawat take off dan landing. Hal ini dilakukan agar pesawat tidak bermasalah bila sudah berhasil diterbangkan. Tentunya kejadian tersebut sangat membahayakan bagi para penumpang.
Oleh sebab itu, anda harap bersabar bila petugas harus melakukan perbaikan mesin demi keselamatan semua orang. Tidak hanya petugas lapangan, pilot juga harus memeriksa keamanan mesin hingga kabin pesawat. Sehingga ketika pesawat take off semua sudah aman dan tidak ada kerusakan sama sekali.

4.    Padatnya Lalu Lintas Udara

Lalu lintas yang padat tidak hanya terjadi di jalan raya saja. Akan tetapi, kepadatan juga dapat terjadi di udara. Hal ini terjadi karena jadwal penerbangan sebelumnya mengalami delay. Dengan begitu penerbangan selanjutnya terpaksa harus ikut delay juga.
Selain jadwal penerbangan yang delay, jadwal landing juga dapat terganggu dengan adanya padat lalu lintas. Sehingga jangan heran bila anda melihat ada pesawat yang berputar terlebih dahulu sebelum landing.

5.    Pihak Maskapai

Penundaan penerbangan dapat disebabkan oleh pihak maskapainya sendiri. Biasanya hal ini terjadi karena adanya pengisian bahan bakar, pergantian kru penerbangan, perbaikan mesin, masalah bagasi dan lain sebagainya. Bila sudah mengalami hal ini, anda harus bersabar menunggu penerbangan dilakukan.

6.    Jadwal Delay Sebelumnya

Penerbangan ditunda bisa terjadi karena jadwal pesawat sebelumnya juga mengalami delay. Meskipun pesawat anda tidak mengalami masalah sedikitpun, namun rute yang digunakan mengalami kepadatan. Sehingga waktu take off dan landing mengalami kemunduran beberapa menit.

Pada kejadian penundaan penerbangan, sudah sering kali terjadi di Bandara. Sehingga hal itu sudah seperti sahabat yang selalu menemani dikala akan melakukan perjalanan udara. Oleh sebab itu, anda dapat datang sesuai dengan waktu yang telah disarankan oleh pihak Bandara. Hal ini bertujuan agar anda tidak menjadi alasan penerbangan ditunda.

Perlu anda ingat bahwa sebelum melakukan perjalanan udara, sangat disarankan untuk mendaftarkan diri anda pada asuransi perjalanan. Hal ini dilakukan agar pihak asuransi dapat menanggung risiko selama perjalan anda. Bila anda mengalami kehilangan bagasi, anda dapat klaim asuransi perjalanan anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Hal Yang Membuat Penerbangan Ditunda"

Posting Komentar